Strategi Cemara Foodcourt Medan Mengatasi Panas

Kota Medan saat ini sedang menghadapi tantangan cuaca yang cukup ekstrem. Suhu udara yang bisa mencapai hingga 36°C telah menciptakan suasana yang tidak nyaman bagi warga kota medan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Cemara Foodcourt, salah satu destinasi kuliner populer di kota Medan, tidak luput dari pengaruh cuaca panas tersebut. Namun, pihak manajemen Cemara Foodcourt tidak tinggal diam. Mereka telah mengambil langkah-langkah strategis dalam penanggulangan panas demi menjaga kenyamanan pengunjung.

Penambahan Lapisan Penahan Panas

Cemara Food Court

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Cemara Food court adalah dengan menambahkan tiga lapisan penahan panas di atas seng atap foodcourt. Langkah ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk efektivitas dan kemudahan dalam penerapannya. Penting untuk dicatat bahwa penambahan lapisan ini dilakukan di atas seng, bukan di bawahnya. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu aktivitas yang berlangsung di bawah atap, seperti kegiatan memasak dan menyajikan makanan serta tidak menggangu pengunjung yang sedang menikmati hidangan kuliner.

Lapisan pertama yang digunakan adalah rock wool setebal 5cm. Material ini dipilih karena kemampuannya dalam meredam panas dan suara. Rock wool terbuat dari serat mineral yang sangat halus, yang memiliki struktur berpori. Struktur ini memungkinkan rock wool untuk menyerap dan menahan panas dengan efektif, sehingga dapat menciptakan suasana yang lebih sejuk di dalam foodcourt. Selain itu, rock wool juga memiliki kemampuan dalam meredam suara, sehingga dapat mengurangi kebisingan yang mungkin timbul dari aktivitas di dalam foodcourt.

Lapisan kedua adalah double Alumunium Foil yang berfungsi sebagai penahan panas. Alumunium Foil memiliki sifat reflektif yang tinggi, sehingga dapat memantulkan kembali sebagian besar panas yang diterima. Dengan menggunakan dua lapis Alumunium Foil, efektivitas dalam menahan panas menjadi lebih optimal. Lapisan ini akan memantulkan panas yang datang dari luar, sehingga mengurangi jumlah panas yang masuk ke dalam foodcourt.

Lapisan terakhir adalah Seng Alderon, yang dikenal sebagai penahan panas atap yang berlebihan. Seng Alderon merupakan material yang dirancang khusus untuk mengatasi panas yang berlebihan pada atap bangunan. Material ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan panas, sehingga menjadi pelindung tambahan bagi foodcourt. Seng Alderon akan mengurangi panas yang merambat melalui atap, sehingga suhu di dalam foodcourt tetap terjaga dengan baik.

Manfaat Penanggulangan Panas

Penambahan tiga lapisan penahan panas di Cemara Food court diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengunjung. Dengan suhu yang lebih sejuk dan nyaman, pengunjung akan merasa betah berlama-lama menikmati hidangan yang tersedia. Mereka tidak perlu lagi merasa gerah atau tidak nyaman akibat cuaca panas di luar. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kepuasan pengunjung dan mendorong mereka untuk kembali lagi ke Cemara Foodcourt di lain waktu.

Selain meningkatkan kenyamanan pengunjung, upaya penanggulangan panas ini juga dapat memberikan manfaat dalam hal efisiensi energi. Dengan mengurangi jumlah panas yang masuk ke dalam foodcourt, beban pendinginan ruangan menjadi lebih ringan. Hal ini berarti penggunaan energi untuk pendinginan, seperti penggunaan AC, dapat dioptimalkan. Pengurangan konsumsi energi ini tidak hanya menghemat biaya operasional bagi Cemara Foodcourt, tetapi juga mendukung upaya ramah lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari penggunaan listrik.

Upaya penanggulangan panas di Cemara Foodcourt juga mencerminkan komitmen manajemen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung. Dengan mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengatasi masalah cuaca panas, Cemara Foodcourt menunjukkan kepeduliannya terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan citra positif Cemara Foodcourt sebagai destinasi kuliner yang tidak hanya menyajikan hidangan lezat, tetapi juga memperhatikan aspek kenyamanan pengunjung.

Penutup

Penanggulangan panas di Cemara Foodcourt Medan melalui penambahan tiga lapisan penahan panas di atas seng atap merupakan langkah yang tepat dan inovatif dalam menghadapi cuaca panas ekstrem. Kombinasi rock wool, double Alumunium Foil, dan Seng Alderon diharapkan dapat menciptakan suasana yang lebih sejuk dan nyaman bagi pengunjung, sekaligus meningkatkan efisiensi energi di foodcourt tersebut.

Dengan upaya ini, Cemara Foodcourt tidak hanya menunjukkan komitmennya dalam memberikan pengalaman kuliner yang optimal bagi para pengunjung, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi. Langkah ini dapat menjadi contoh bagi foodcourt atau restoran lain dalam menghadapi tantangan cuaca panas, sambil tetap mempertahankan kenyamanan pengunjung.

Dalam era di mana perubahan iklim menjadi perhatian global, inisiatif seperti yang dilakukan oleh Cemara Foodcourt patut diapresiasi. Dengan mengadopsi solusi cerdas dan berkelanjutan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan ramah bagi semua orang, sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.